Powered By Blogger

Minggu, 08 Februari 2015

Tugas Mencari Berita dan Memberikan Tanggapan ( Opini )

Alat Penyerap Minyak dari Rambut Manusia

SURABAYA - Seorang mahasiswi di Surabaya menciptakan alat penanggulangan pencemaran minyak di laut dari rambut manusia. Inovasi yang dinamai Hailbent ini mampu menyerap minyak yang tercecer di air dalam sekejap.

Hailbent merupakan buah karya mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya), Angelina Natasya. Bentuknya menyerupai alas tidur. Selain dari rambut manusia, bahan pembuatan Hailbent lainnya adalah kain spanboom. Pori-pori kain yang lebih lebar dari bahan biasa ini memungkinkan minyak dapat diserap oleh rambut yang ada di dalamnya.

Angelina bercerita, ide pembuatan Hailbent bermula dari pelajaran biologi semasa SMA. Mahasiswi semester lima Fakultas Industri Kreatif Ubaya ini memanfaatkan sifat rambut yang dapat menyerap minyak. Dia kemudian mencoba membuat berbagai potongan kecil kain spanboom yang di dalamnya diisi rambut.

"Hasilnya dalam sekejap alat ini bisa menyerap minyak pada air. Hailbent dapat menjadi solusi bagi aparat terkait untuk membersihkan ceceran minyak di laut," ujar Angelina.

Hailbent berukuran 1x2 meter. Satu unitnya membutuhkan tiga hingga empat kilogram rambut manusia. Untuk sementara, Angelina masih akan menyempurnakan inovasinya.

Metode ini sudah dipakai berbagai negara untuk menanggulangi cemaran minyak di laut meski masih dalam skala kecil. Namun, belum pernah ada yang memanfaatkan metode tersebut di Indonesia.

"Oleh sebab itu, pihak kampus berencana mematenkan alat ciptaan Angelina ini," kata Humas Ubaya, Hayuning.

Jika sudah disempurnakan, tidak menutup kemungkinan Hailbent akan diproduksi secara massal. Nantinya, per unit Haibent akan dijual dengan harga Rp500 ribu. Diharapkan, kehadiran alat ini dapat segera mengatasi masalah pencemaran minyak yang kerap sulit ditangani.

*Diambil dari : Klik Disini

OPINI :
Saya salut terhadap penemuan "Alat Penyerap Minyak dari Rambut Manusia " mahasiswi Ubaya. Karena selama ini di Indonesia, belum ada yang mempunyai pikiran atau ide untuk membuat alat tersebut walaupun alat tersebut sudah banyak digunakan oleh beberapa negara didunia. Pemikiran yang cemerlang dari Mahasiswi Ubaya ini patut dicontoh dan terus dikembangkan . Karena, Selain alat ini menggunakan bahan yang mudah didapat , alat ini pun sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan ceceran minyak dilaut .
Jika ceceran minyak dilaut dapat dihilangkan , berarti pencemaran laut sedikit demi sedikit juga akan teratasi . Dengan begitu, kita dapat menjaga kelestarian laut kita. Selain itu kita juga dapat mandiri dan menghemat pengeluaran negara, untuk membeli barang-barang berteknologi dari negara lain. Karena mahasiswi Indonesia pun ternyata mampu mengatasi permasalahan di negeri kita sendiri dengan ide-ide cemerlangnya. Mungkin saat ini baru ditemukan alat penyerap minyak dinegeri kita , tapi jika terus ide-ide dikembangkan maka akan tercipta alat-alat lainnya pula yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kelestarian Negeri kita.

"kita pasti bisa melakukan perubahan untuk Indonesia, melalui kreatifitas putra-putri bangsa ."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar